Rabu, 16 Juni 2010

Tips Ngecek hape Mati Total

Alat-alat yang dibutuhkan untuk ngecek hape yang mati total:
a. Adaptor 6-9 volt
b. Lampu/bohlam untuk lampu senter atau motor. 3/6 volt.
c. Obeng T6
d. Kabel 2 buah + 10 cm
e. Hape seri 31XX yang matot plus batere
f. Solder/selotip untuk bohlam dan kabel.
Langkah 1
Pasang kabel pada bohlam, masing-masing pada bagian plus-minusnya. Bisa dilekatkan denga solder atau selotip.
Langkah 2
Ambil batere hape, pasang kabel minus dari bohlam ke minus batere, dan plus bohlam ke plus batere. Pastikan kondisi plus-minus kabel agar tidak terbalik. Kalo terbalik, bohlam tidak akan menyala.
Langkah 3
Perhatikan lampu. Kalo menyala, berarti batere masih bagus. Lanjutkan langsung ke langkah 5. Tapi kalo emang gak nyala, berarti baterenya udah soak dan lanjutkan ke langkah berikut.
Langkah 4
Pasang adaptor, hubungkan ke masing-masing minus dan plus batere. Pegang kabel selama + 20 menit. Kemudian tes lagi sampe bohlam menyala. Kalo emang nggak nyala juga, berarti harus ganti batere baru.
Langkah 5
Masukan bohlan ke hape, pada konektor batere. Seperti biasa, kabel plus ke bagian plus batere, minus ke minus. Setelah itu masukan batere ke bagian belakang hape. Kalo bohlam menyala, berarti hape nggak ada masalah. Tapi kalo bohlam gak nyala, berarti ada masalah di hape. Teruskan ke langkah 6
Langkah 6
Buka cover hape, dengan obeng. Pisahkan PCB dari konektor batere.
Langkah 7
Bersihkan PCB dan konektor menggunakan cotton buds. Kalo dirasa masih ada kotoran yang menempel, bersihkan dengan thinner dan sikat gigi. Kalo udah dirasa bersih, ulangi lagi ke langkah nomer 5. Kalo memang kendalanya dari kotoran tadi, lampu pasti menyala. Tapi kalo tidak nyala, bisa dipastikan kalo ada ic yang rusak dan perlu diganti.
Langkah 8
Kalo ternyata sudah menyala, masukan batere tanpa bohlam ke belakang hape. Terus tekan tombol on/off. Lihat, nyala atau tidak. Kalo nyala, berarti selamat. Hape anda udah sembuh kembali.
Langkah 9
Kalo mash nggak nyala juga, hubungkan kabel minus bohlam ke konektor minus. Terus buka tutup tombol on/off. Akan terlihat saklar di situ. Tempelkan plus bohlam ke saklar. Kalo bohlam nyala, kerusakan ada di saklar. Tapi kalo bohlam tetap mati, berarti kondisi hape mengalami putus jalur. Untuk kasus kayak gini, udah gak bisa dibetulin sendiri lagi, tapi kudu dibawa ke service centre untuk di-flash.

Tips Ngecek hape Mati Total Rating: 4.5 Diposkan Oleh: bedjo bedjan

0 komentar:

Poskan Komentar