Senin, 30 Agustus 2010

Hubungan Indonesia dengan Malaysia Memanas

JAKARTA - Hubungan Indonesia dengan Malaysia yang kembali memanas turut menjalar ke dunia maya. Sejumlah blog yang menjelek-jelekkan Indonesia kembali menjadi pembicaraan berbagai pihak.

Pada dasarnya, blog-blog tersebut merupakan blog lawas yang sudah lama tidak di-update oleh penulisnya. Akan tetapi, saat ditelusuri oleh okezone, Senin (30/8/2010), blog yang membuat kuping panas tersebut masih belum diblokir atau dihapus oleh penyedia layanan blog.

Salah satu contohnya adalah blog yang beralamat di indonbodoh.blogspot.com. Saat dikunjungi, tulisan terakhir di blog ini tercatat diupdate pada tanggal 29 Desember 2009. Kendati sudah tidak ada tulisan baru tapi nampaknya blog ini masih sering dikunjungi oleh pengunjung Indonesia yang sebal dengan tulisan tersebut.

Terlihat sampai hari ini di tulisan terakhir tersebut sudah ada 1.497 komentar. Dan hampir semua komentar yang masuk adalah tulisan debat kusir atau caci maki terhadap blog ini.

Blog lain yang belum ditutup yaitu blog kamiantiindon.blogspot.com. Tulisan di blog ini jauh lebih lama lagi tidak diperbaharui oleh pemiliknya, ini terlihat dari tanggal tulisan terakhir yaitu 22 Februari 2008.

Dan masih banyak lagi blog yang mengejek Indonesia tetapi belum ditutup oleh pihak berwajib. Memang hal yang sepele jika blog ini tidak ditutup. Tapi yang mesti diingat adalah di masa depan jika hubungan kedua negara kembali memanas, tentu saja blog ini sangat meresahkan.

Apalagi jika kita memasukkan kata 'Indon' di mesin pencari Google maka yang keluar dari hasil pencarian adalah blog-blog yang menghina Indonesia. Kata Indon sendiri, menurut Wikipedia adalah, Indon adalah sebuah istilah yang populer di Malaysia dan Singapura yang mengacu kepada Indonesia, sama seperti halnya istilah Brit untuk Britania Raya. Di Indonesia sendiri, istilah ini berkonotasi negatif. Pada tahun 2006, pemerintah dan rakyat Indonesia menentang penggunaan kata Indon yang dianggap menghina.

Hubungan Indonesia dengan Malaysia Memanas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: bedjo bedjan

0 komentar:

Poskan Komentar